UOKE

Bengkel Mekanik I

TANG

Tang adalah jenis alat tangan yang digunakan untuk menyimpan objek tegas, atau untuk memotong dan membungkuk bahan keras seperti kawat. Secara umum, tang terdiri dari sepasang tuas logam bergabung di poros diposisikan lebih dekat dengan salah satu ujung pengungkit, menciptakan rahang pendek di salah satu sisi poros, dan lagi pegangan di sisi lain. Pengaturan ini memungkinkan kekuatan cengkeraman tangan harus diperkuat dan fokus pada objek dengan presisi. Rahang juga dapat digunakan untuk memanipulasi objek terlalu kecil atau berat yang dapat dimanipulasi dengan jari.
Ada banyak jenis tang; beberapa dirancang untuk tujuan umum mencengkeram, dan lain-lain dirancang untuk tujuan tertentu.

Macam-Macam Tang :

1. Tang Pengunci

2. Tang Breaker-grozier

3. Tang Diagonal

4. Tang Supit

1. Tang Pengunci

Tang pengunci adalah tang yang dapat terkunci ke posisi, menggunakan overcenter tindakan. Salah satu sisi dari pegangan termasuk baut yang digunakan untuk mengatur jarak antara rahang, pihak lain yang menangani (khususnya di model yang lebih besar) sering kali berisi sebuah tuas untuk mendorong kedua sisi terpisah pegangan untuk membuka tang.





"Mole" dan "Vise-Grip" adalah nama dagang dari berbagai merek penguncian tang. Tang penguncian pertama, bernama catok mencengkeram, yang ditemukan oleh William Petersen dalam DeWitt, Nebraska pada tahun 1924. The Mole genggaman diciptakan oleh Thomas Coughtrie pada tahun 1955, maka MK direktur Mole dan Anak.
Penguncian tang tersedia dalam berbagai konfigurasi, seperti jarum-hidung penguncian tang, mengunci kunci-kunci, penguncian klem dan berbagai bentuk untuk memperbaiki bagian logam untuk pengelasan. Mereka juga datang dalam berbagai ukuran. Leatherman memproduksi yang mencakup penguncian multitool bukan reguler tang tang, dan yang lipatan bersama-sama ke ukuran multitool biasa.

2.Tang Breaker-grozier
Tang Breaker-grozier tang yang digunakan oleh glaziers untuk memecahkan dan menyelesaikan kaca dengan cara yang terkendali. Mereka tujuan ganda tang, dengan datar rahang yang digunakan untuk melanggar keluar nilai dan rahang yang melengkung digunakan untuk grozing flare dari tepi pecahan kaca. Kedua rahang yang bergerigi untuk menghilangkan flare dan titik-titik kecil dari kaca.
Untuk keluar skor, gelas untuk dihapus adalah berpegang teguh di tang, dengan rahang rata di atas kaca dekat garis skor. Sebuah tikungan tajam ke bawah memecahkan kaca di skor.
Untuk menghapus kaca yang tidak diinginkan dan tidak diinginkan flare poin, potongan kaca dipegang dengan satu tangan dengan tang melengkung menghadap ke atas. Sebuah goresan lembut bergulir ke atas tepi kaca (grozz) terhadap gigi bergerigi menghilangkan suar kaca yang tidak diinginkan. Penghapusan grozz ini dikenal sebagai grozing.


Ujung tang ini juga dapat digunakan dalam gerakan mengunyah untuk menghilangkan bagian-bagian kecil dari kaca atau menggigit keluar jauh di dalam kurva.
Breaker / grozier tang adalah alat kombinasi. Glaziers juga menggunakan tang tujuan tunggal seperti melanggar tang, dengan dua rahang datar, dan berlari tang, yang bahkan menerapkan tekanan di kedua sisi skor untuk membuat istirahat lembut yang terkendali di kaca.

Variasinya
Dua ragam paling umum bersama tang slip slip lurus bersama tang dan pompa air atau jenis channellock tang. Lurus slip joint tang sangat umum di Amerika Utara dan sering disertakan dalam kemasan alat pra-kit. Mereka juga dikonfigurasi untuk umum atau tukang kebut tang di rahang mereka sejalan dengan pegangan mereka. Satu sisi tang biasanya memiliki dua lubang yang dihubungkan oleh sebuah slot untuk poros. Poros adalah diikatkan ke sisi lain dan dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat meluncur melalui slot ketika tang sepenuhnya dibuka.


Pompa air atau jenis tang channellock rahang yang ditetapkan pada 45-60 derajat ke pegangan. Mereka biasanya memiliki pegangan lagi jika dibandingkan dengan rahang mereka daripada tang lain untuk memberikan leverage yang lebih baik. Sementara mekanisme untuk mengubah ukuran juga memerlukan sepenuhnya membuka rahang tang ini, mereka biasanya memiliki lebih banyak posisi pivot yang berbeda. Ukuran yang paling umum adalah sekitar 9,5 inci dari hidung ke ujung pegangan dan menyesuaikan 0-1,125 inci ukuran rahang.

3. Tang Diagonal
Diagonal tang (atau kawat pemotong atau memotong diagonal tang) adalah tang ditujukan untuk pemotongan kawat (mereka umumnya tidak digunakan untuk mengambil atau mengubah apa-apa). Mereka kadang-kadang disebut pemotongan samping atau sisi tang pemotong, walaupun istilah-istilah ini dibagikan oleh tang jenis desain lain.

Dan dapat mengakibatkan kebingungan. Pesawat didefinisikan oleh tepi memotong memotong sendi rahang memusatkan pada sudut atau "pada diagonal", maka nama itu. Alih-alih menggunakan tindakan pemotongan seperti gunting, mereka dipotong oleh Indentasi dan kawat wedging terpisah. Tepi rahang adalah tanah untuk simetris "V" bentuk; sehingga kedua rahang dapat dilihat untuk membentuk huruf "X", seperti yang terlihat pada saat akhir sepenuhnya tersumbat. Tang terbuat dari baja dan induktif pemanasan dan pendinginan sering digunakan untuk selektif rahang mengeras.

4. Tang supit

Bentuk kepala tang ini unik yaitu berbentuk kecil dan panjang.biasanya jtang ini digunakan untuk menekuk kabel atau ujung kabel yang biasanya ada di tempat yang sulit dijangkau oleh tang jenis biasa.


KIKIR

Macam-macam Kikir :

  1. Kikir Intan
  2. Kikir Jarum
  3. Kikir Alur
  4. Kikir Mesin

1. Kikir Intan

Kikir intan mempunyai partikel butir kecil. Industri intan menempelkan intan di permukaan kikir atau ke dalam suatu material lebih lembut yang terikat mendasari permukaan kikir. Penggunaan intan pada kikir dapat digunakan secara efektif untuk mengikir bahan yang keras, seperti batu, gelas/kaca atau batang-batang rel yang sangat keras seperti karbon atau baja yang lebih keras dibanding dengan suatu kikir baja standard yang kurang efektif.

2. Kikir Jarum

Seperti gambar di samping suatu pemilihan kikir jarum mempunyai sortiran salib bentuk bersekat-sekat.

Kikir jarum pada umumnya dijual 6 atau 12 satuan dengan bentuk berbeda- beda, yang dibungkus suatu kantong lembut, kedua-duanya untuk membungkus dan melindungi gigi kikir. kikir jarum adalah kikir kecil yang digunakan untuk menghaluskan bidang kikir yang tersembunyi dan kikir jarum paling cocok untuk potongan pekerjaan lebih kecil.

Kikir jarum di lengkapi dengan suatu genggaman yang kepala kikir dapat diganti sesuai dengan kebutuhan.

3. Kikir Alur

Kikir alur berukuran kecil sampai medium, kikir alur merupakan suatu sortiran salib profil dan bersekat-sekat. Macam-Macam profil dan bentuknya memungkinkan untuk menjangkau daerah yang sulit dijangkau, atau di daerah yang tidak bisa dijangkau kikir biasa. Kikir alur sering digunakan ketika barang yang kita kikir dalam keadaan barang setengah jadi.

  1. Kikir Mesin

Bentuk dari Kikir mesin menyerupai suatu gergaji gulungan atau gergaji pita dalam arti bahwa kikir menjulang dengan tegak lurus pada pertengahan suatu meja. Ketika sedang bekerja kikir bergerak naik turun tegak lurus bidang kerja, barang yang akan di kikir digesekan ke mata kikir yang bergerak sampai dengan bentuk atau hasil yang kita inginkan.


GERGAJI

Macam Gergaji:

v GERGAJI LINGKARAN

v GERGAJI BESI

v GERGAJI MESIN

v Dll.

1. GERGAJI LINGKARAN:

Gergaji lingkaran adalah suatu mata pisau atau cakram metal dengan gigi gergaji pada tepi atas seperti halnya mesin yang menyebabkan disk untuk memutar,.alat ini merupakan suatu alat untuk memotong kayu atau material lain dan mungkin dapat juga digunakan untuk membatasi slot. Kebanyakan gergaji dirancang dengan suatu mata pisau untuk memotong kayu tetapi kadang-kadang dilengkapi dengan suatu mata pisau yang dirancang untuk memotong pekerjaan menembok, plastik, atau metal. Ada juga tujuan pembuatan gergaji lingkaran secara khusus dirancang untuk material tertentu. Sekarang ini gergaji lingkaran hampir eksklusif bertenaga mesin oleh listrik, yang lebih besar, seperti yang ada dalam " penggilingan gergaji", dengan kapal secara kebiasaan bertenaga mesin yang memutar suatu roda besar.

2. GERGAJI BESI

Gergaji besi berbentuk kecil panjang dengan mata gergaji kecil dan teratur.

untuk menggunakan gergaji besi biasanya gergasi dilengkapi dengan pegangan gergaji sehingga menggergaji menjadi lebih mudah.

Seperti namanya, gergaji ini berfungsi untuk menggergaji bahan metal khususnya besi dan baja. dengan mata pisau yang kecil memungkinkan untuk menggergaji besi dengan cepat.

3. GERGAJI MESIN

Gergaji mesin biasanya digunakan untuk memotong ranting dan batang pohon.

gergaji ini di gerakan dengan tenaga mesin diesel.ukuranya berfariatif mulai dari kecil sampai dengan besar.

mata gergaji ini bisa berputar mengelilingi lempengan besi sebagai porosnya.

Mesin diesel pada gergaji berbahan bakar bensin. Gergaji ini mampu untuk memotong batang pohon sampai diameter 1 meter.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 "FoR All"
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere